Sarana & Fasilitas

Kampus Menara Bhakti berlokasi di Jalan Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat, dengan luas areal yang sudah dimanfaatkan saat ini seluas 62.500 m2 dan akan terus dikembangkan sampai seluas ± 120.000 m2. Bangunan Kampus Menara Bhakti atau Kampus-A, pada saat ini terdiri atas 7 buah bangunan utama yaitu 5 Gedung Perkuliahan yang terdiri atas 4 gedung berlantai 4; dan 1 gedung berlantai 5. Satu gedung untuk kegiatan kemahasiswaan berlantai 2 dan 1 gedung Rektorat berlantai 2. Disamping itu telah dapat diselesaikan pembangunan  masjid dengan ukuran 35m x 30m terdiri dari 2 lantai, untuk keperluan beribadah bagi sivitas akademika dan masyarakat sekitar.    Kampus-B yaitu kampus Program Pascasarjana-Program MM berlokasi di Jalan Menteng Raya No.29 Jakarta Pusat, Gedung Tedja Buana Lantai 4, 5 dan 6. Kampus kedua ini memiliki 25 kelas kuliah yang dapat menyelenggarakan perkuliahan untuk ± 1.000 orang mahasiswa.

Ruang Kuliah
Jumlah ruang kuliah yang tersedia hingga tahun akademik 2004/2005 sebanyak ± 100 ruangan. Fasilitas ruangan kuliah ini mampu menampung lebih kurang  12.000 mahasiswa di Kampus-A, dan 1.000 mahasiswa di Kampus-B. Semua ruang kuliah tersebut telah dilengkapi penyejuk ruangan (AC) dan perlengkapan alat bantu kuliah, seperti OHP,  (dan LCD Projector untuk Program MM).

Perpustakaan
Untuk mendukung kelancaran proses ajar-mengajar dan meningkatkan kualitas Pendidikan disediakan perpustakaan. Perpustakaan Pusat Universitas Mercu Buana, saat ini memiliki koleksi buku sebanyak 9.239 judul atau 26.260 eksemplar. Sementara Program Pascasarjana mempunyai koleksi buku teks sesuai bidang studinya sebanyak 1.035 judul atau 2.036 eksemplar. Sementara untuk koleksi tesis kami memiliki 263 judul dan skripsi 30 judul dan akan terus kami tambah sesuai dengan kebutuhan. Untuk koleksi terbitan berkala kami memiliki 8 judul majalah yang kami langgan dan e-journal Proquest yang dapat diakses secara online baik dari dalam kampus maupun dan luar kampus. Untuk mendukung kebutuhan mahasiswa akan informasi yang tanpa batas, kami juga menyiapkan beberapa unit komputer yang kami khususkan untuk layanan internet secara gratis.

Kepada User yang memiliki notebook, juga dapat mengakses internet melalui notebook mereka dengan fasilitas Wifi dari dalam perpustakaan. Sistem penelusuran / pencarian koleksi kami menggunakan katalog komputer untuk mempermudah dan mempercepat pencarian koleksi yang diinginkan. Dari penelusuran itu kita dapat mengetahui status buku yang diinginkan.

Lokasi Perpustakaan Pusat di Kampus-A, sedangkan Perpustakaan Program Pascasarjan di Kampus-B. Luas ruangan perpustakaan di Kampus-A sebesar 550 m2  terbagi menjadi 200 m2  untuk ruang baca, 190 m2  sebagai ruang penyimpanan koleksi dan 160 m2  diperuntukan sebagai ruang Administrasi,Teknis dan Sirkulasi. Di Kampus B luas ruang perpustakaan ± 150 m2  terdiri ruang koleksi buku teks, ruang tesis dan skripsi, reading area dan ruang diskusi. Sistem pelayanan Open Acces dimana para pengunjung dapat langsung memilih buku yang akan dibaca dan atau dipinjam ke rak penyimpanan buku. Di ruang referensi khusus untuk koleksi Skripsi/Tesis sistem pelayanan Closed Accses.  Pengembangan selanjutnya, sistem on-line dengan menggunakan fasilitas CyberNet-UMB yang dapat melakukan pencarian koleksi perpustakaan melalui situs : www.mercubuana.ac.id.

Informasi dan waktu pelayanan pengunjung perpustakaan di :

Kampus-A (Jalan Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat telp.021-5840816) Kampus-B (Gedung Kedaung Lt.4 Jalan Menteng Raya 29 Jakarta Pusat Telp. 021-31935454 ext. 4416)

Senin s.d. Jumat         :  Jam 09.00 – 18.00
Sabtu dan Minggu       :  Jam 10.00 – 17.00

Laboratorium
Untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar, maka Universitas Mercu Buana berupaya menyediakan fasilitas praktikum berupa laboratorium. Khusus untuk Program MM dilengkapi dengan Laboratorium Komputer (online).

Ruang Tunggu Dosen
Ruang tunggu dosen disediakan di masing-masing fakultas/program, dan disediakan khusus untuk dosen tidak tetap, sebagai tempat istirahat menjelang dan setelah memberikan kuliah. Ruang ini  digunakan pula oleh para dosen untuk bertukar pikiran, berdiskusi dan tempat konsultasi antara mahasiswa dengan dosen.

Ruang Kerja (Kantor) Pimpinan Universitas dan Fakultas/Program
Ruang kerja pimpinan universitas (Rektor dan Pembantu Rektor) serta ruang kerja pimpinan fakultas/program (Dekan, Wakil Dekan, Direktur, Wakil Direktur, Ketua Jurusan/Bidang, dan Sekretaris Jurusan/Bidang) disediakan secara khusus baik di Gedung Rektorat maupun Gedung Fakultas, dengan berbagai fasilitas kerja yang diperlukan.

Loket Pelayanan Administrasi
Pelayanan administrasi untuk mahasiswa di lingkungan Universitas Mercu Buana, seperti : Loket Biro Administrasi Umum, Biro Administrasi Akademik, Biro Administrasi Akademik, Biro Administrasi Kemahasiswaan, juga loket di TU masing-masing fakultas/program di Kampus A.  Pada hari Sabtu dan Minggu juga dibuka loket pelayanan Administrasi, dan Pembayaran Uang Kuliah mahasiswa baik di Kampus A dan Kampus B.

Sarana Alat Bantu KuliahUntuk membantu kelancaran pelaksanaan kuliah dan juga berbagai kegiatan mahasiswa, tersedia beberapa alat Bantu, seperti pengeras suara, over head projector (OHP), slide projector, LCD/Multimedia projector, hot-spot on-line (di Kampus B).

Sarana dan Fasilitas Lain
Di Kampus-A memiliki berbagai sarana dan fasilitas antara lain Laboratorium-laboratorium keilmuan, Kursus Bahasa Inggris (LIA), Studio Gambar, Ruang Display, Toko Koperasi Karyawan, Cyber Center, Ruang Pelayanan Program Kelas Khusus Karyawan (PKSM), Pusat Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru, Studio Radio, Aula Serba Guna, Poliklinik, Masjid, Kantor Pos, Sarana Transportasi, Sarana Kegiatan Kemahasiswaan, Kantor Kas Bank BNI’46, Telepon Umum, dan sarana perparkiran kendaraan.

BERTANYA DI FACEBOOK